Rabu, 01 Desember 2010

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI (MATERI II)

A.    Definisi Komputer
KOMPUTER diambil dari bahasa latin “Computare” yang berarti menghitung (to compute)
Menurut Donald H. Sanders Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program)
Dan menurut Larry Long dan Nancy Long Komputer adalah sebuah alat elektronik yang dapat menterjemahkan (interpret) dan mengeksekusi perintah-perintah yang terprogram sebagai input, output, perhitungan dan operasi logika, secara teknikal sangat komplek tetapi secara konsep cukup sederhana
Komputer agar dapat digunakan untuk mengolah data harus berbentuk sisitem (Computer System) sedangkan sistem adalah kumpulan elemen-elemen yang saling berhubungan, membentuk satu kesatuan     untuk     melaksanakan    suatu  tujuan pokok. Jadi tujuan pokok dari sistem komputer adalah untuk mengiolah data.
B.    Elemen-Elemen Sistem Komputer:
Perangkat Keras (Hardware) adalah peralatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah.
Spesifikasi Standar Sistem Unit Komputer:
a)    Prosesor  disebut juga sebagai otak komputer merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan pemprosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. terdiri atas dua bagian utama, yaitu ALU (Arithmatic Logical Unit) sebagai pusat pengolah data dan Control Unit sebagai pengontrol kerja komputer.
b)    Memori (RAM) Berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua yaitu:
1)    Primary Memory
dipergunakan untuk menyimpan data dan instruksi dari program yang sedang dijalankan. Biasa juga disebut sebagai RAM. Karakteristik dari memori primer adalah:
    Volatil (informasi ada selama komputer bekerja atau hidup)
    Kecepatan tinggi
    Akses random (acak)
2)    Secondary Memory
dipergunakan untuk menyimpan data atau program biner secara permanen. Karakteristik adalah:
o    Non volatil atau persisten (Nonvolatile memory that can be erased electronically and reprogrammed)
o    Kecepatan relatif rendah dibandingkan memori primer (Slower than Primary Storage)
o    Akses random atau sekuensial
o    Huge storage capacity
o    Cheaper than Primary Storage
o    Magnetic and optical storage media
o    contoh: floppy, harddisk, CD ROM, magnetic tape, optical disk
o    jenis jenis memori:
ROM (Read Only Memory)
    ROM hanya dapat dibaca
    ROM merupakan memori permanen yang terdapat pada sistem komputer yang sudah disusun dan dibuat oleh pabrik dan biasanya tidak dapat diubah oleh pengguna komputer.
    ROM berisi program pokok untuk konfigurasi sistem komputer, seperti BIOS, BASIC dan BootStrap Loader. Sinyal didalam ROM ini yang mengatur segala tugas CPU saat komputer mulai diaktifkan/dihidupkan.
RAM (Random Access Memory)
    RAM dapat dibaca dan ditulis
    Semua data yang dimasukkan melalui alat input pada setiap aplikasi akan dimasukkan terlebih dahulu ke dalam RAM.
    Data-data yang terdapat dalam RAM ini hanya bersifat sementara, apabila komputer dimatikan maka data tersebut akan hilang.
Jenis-Jenis Memori (RAM)
    EDO RAM (Extended Data Output Random Access Memory )
    SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory )
    DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory)
    DDR SDRAM 2 dan 3
c)    Mainboard (Motherboard)
1.    Papan rangkaian utama yang berfungsi sebagai pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang tersambung padanya
2.    Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC
Komponen di dalam Mainboard :
    Chipset
    AGP  (Accelerated Graphics Port)
    Soket Memori
    Soket Prosesor
    CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor)
    Port Peranti Eksternal (serial, paralel, audio, USB)
    Soket Catu Daya (power supply, fan)
    Konektor Casing
    Konektor IDE  (Integrated Development Environment) dan Floppy
d)    Video Card / VGA (Video Graphics Adapter)
1.    Banyak jenis chipset dan kecepatannya
2.    Memori semakin besar dan cepat  akan lebih bagus
3.    Tujuan pemakaian untuk graphis atau game
e)    Harddisk
1.    Interface IDE
2.    Interface SCSI
3.    Interface SATA I
4.    Interface SATA II
5.    Internal atau external
6.    Untuk penggunaan PC atau Laptop
f)    Optical Drive seperti CD ROM, CD RW, DVD ROM, dan DVD RW
g)    Floppy drive berfungsi untuk membaca data pada disket
h)    Sound Card adalah peripreal untuk mengolah data digital dari komputer menjadi analog untuk disalurkan ke speaker dan sebaliknya data analog dari mic atau alat lain diubah menjadi digital untuk diolah di komputer
i)    LAN Card
1.    LAN CARD merupakan penghubung antara sistem komputer dengan kinerja komputer lain
2.    LAN CARD merupakan sinyal untuk saling berbagi antara komputer satu dengan komputer yang lain
3.    Prinsip kerja LAN CARD adalah menerima sinyal dari komputer lain kemudian mentranmisikan ke dalam masukan kemudian diolah menjadi data begitu sebaliknya saling berbagi
4.    LAN CARD dapat digunakan untuk menghubungkan sistem komputer satu dengan komputer lain melalui perantara HUB sehingga dalam area tersebut membentuk suatu jaringan komputer
j)    Case dan Power Supply
Case               :   where all of the components are stored atau 
                                tempat  menyimpan  komponen perangkat keras 
Power Supply    :   sumber daya listrik bagi seluruh komponen dan 
                                perangkat keras

1.    Perangkat Lunak (Software) adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data
2.    Brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer

C.    Cara Kerja CENTRAL PROCESSING UNIT (CPU)
1.    Pemrosesan instruksi oleh CPU mencakup 2 tahap: Instruction Fetch dan Instruction Execute
2.    Instruction Fetch: tahap pertama dimana CPU mengambil atau membawa atau menjemput instruksi dari main memory ke CPU
3.    Instruction Execute: tahap kedua dimana CPU memproses instruksi yang sudah dijemput dari main memory dan sudah berada di IR (Instruction Register)
4.    Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tahap pertama disebut waktu instruksi (instruction time)
5.    Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tahap kedua disebut waktu eksekusi (execution time)
6.    Tahap pertama dan tahap kedua disebut sebagai siklus mesin (machine cycle) dan seluruh waktu yang dibutuhkan oleh kedua tahap disebut waktu siklus (cycle time)
7.    Ukuran dari waktu siklus dalam satuan Mega Hertz (MHz) atau Giga Hertz (GHz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar