Selasa, 14 Desember 2010

TEKNOLOGI INFORMASI (MATERI III)

PIRANTI KOMPUTER
A.    Piranti masukan (input device)
Piranti masukan biasanya berhubungan dengan proses perekaman dan pemasukan data ke dalam sistem komputer dengan cara atau mekanismenya memberi perintah ke komputer
Agar dapat berinteraksi dengan sistem komputer secara efektif, pengguna harus mampu mengkomunikasikan keinginannya dengan cara yang dapat dimengerti sistem komputer.  Salah satu kunci dalam membantu dalam pemilihan piranti masukan dan memutuskan bagaimana akan digunakan untuk mengendalikan suatu kejadian dalam sistem adalah dengan membantu pengguna untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan aman,  efektif, efisien dan menyenangkan.
Dalam pemilihan piranti harus diperhatikan hal-hal sebagai berikut:
•    Pemilihan piranti masukan harus memberi kontribusi positif terhadap penggunaan sistem
•    Cocok dengan karakteristik pengguna, keahlian, dan training yang pernah dilakukan
•    Sesuai dengan tugas yang akan dilakukan
•    Sesuai dengan maksud pekerjaan dan lingkungan
Kategori piranti masukan antara lain
1.    Keyboard
•    Salah satu piranti input yang paling utama untuk berinteraksi dengan sistem komputer dan piranti terbaik untuk masukan berbentuk teks
•    Kelemahan: untuk melaksanakan pekerjaan berbentuk pilihan (mis: dari suatu menu), keyboard lebih lambat, kurang akurat, dan kurang disukai pengguna dibandingkan piranti masukan lainnya
•    Tombol pada keyboard dikelompokkan menjadi 4 bagian : Tombol Fungsi (function key), Tombol Alphanumerik (alphanumeric key), Tombol Kontrol (control key) , dan Tombol Numerik (numeric key)
Jenis jenis keyboard antara  lain:
    Enhanced or Extended keyboard – Typically 101 keys laid out in the QWERTY fashion; connected to the computer by a serial cable
a.    Didesain sedemikian rupa sehingga key yang paling sering ditekan terpisah letaknya, sehingga bisa meminimalkan kemacetan pada saat mengetik
b.    Umumnya orang sudah familiar dengan layout keyboard yang disebut dengan “QWERTY”, yaitu susunan huruf tombol kiri atas.
c.    Pertama kali digunakan pada mesin ketik di USA tahun 1874

    Cordless keyboard – Uses infrared or radio wave signals
    Ergonomic keyboard – Designed to help prevent Cumulative Trauma Disorder (CTD) or damage to nerve tissues in the wrist and hand due to repeated motion
2.    Audio
•    Mikropon
Prinsip kerja mikropon adalah pengubahan variasi tekanan udara karena adanya suara, menjadi variasi isyarat listrik
•    Automatic Speech Recognition (ASR)
Sistem ASR dapat mengenali masukan berupa kata-kata dalam kalimat, sistem ini memiliki: penganalisis, pengklasifikasi pola
•    Speech recognition is a type of input in which the computer recognizes words spoken into a microphone
•    Special software and a microphone are required
•    A microphone – an input device that converts sound input into electrical signals
•    Latest technology uses continuous speech recognition where the user does not have to pause between words

3.    Pointing
Piranti ini dapat digunakan untuk menunjuk suatu titik atau jalur. Piranti penunjuk ini meliputi: joystick, trackballs, dan mouse. Piranti penunjuk merupakan piranti masukan kontinyu, meskipun mouse dapat dianggap sebagai piranti kontinyu dan diskret (dengan menekan tombol mouse)
a.    mouse
•    Sebuah mouse menggabungkan dua operasi penting berbasis layar:
Kemampuan menggerakkan kursor
Kemampuan memilih suatu obyek pada layar ke dalam satu piranti
•    Gerakan mouse pada permukaan datar menentukan gerakan kursor pada layar, mouse umumnya mempunyai 1 sampai 3 tombol pada bagian atas untuk pilihan obyek
b.    joy stick
    Gerakan kursor pada joystick dikendalikan sebuah tuas yang ditanamkan pada sebuah alas
Sifat Joystick :
o    Membutuhkan tempat yang sedikit
o    Tidak mengganggu layar
o    Harganya murah, sehingga banyak digunakan pada permainan komputer (game)
c.    Trackball
Dilukiskan sebagai gabungan fungsi dari joystick dan mouse. Terdiri atas dasar yang tetap, yang menyangga sebuah bola. User hanya menggerakkan bola utk memindahkan kursor
Sifat trackball:
a.    Mudah dipelajari
b.    Membutuhkan sedikit ruangan (seperti joystick)
c.    Salah satu piranti penuding yang terefisin (dalam hal ketepatan dan kecepatan)

d.    Light pen
    Merupakan pena yang membangkitkan informasi ketika ditudingkan pada layar. Ketika light pen ditudingkan pada tampilan CRT, sebuah lensa memfokuskan setiap cahaya yang dipancarkan dari layar menuju sebuah detektor cahaya atau photocell
    Permasalahan pada light pen:
o    pena dpt mengganggu layar
o    gampang rusak atau patah
o    melelahkan tangan
e.    touch screen
Digolongkan dalam panel sensitif sentuhan
Keuntungan touch screen:
a.    Cepat dan tidak membutuhkan pointer khusus
b.    Baik untuk pemilihan menu
c.    Membutuhkan sedikit atau tanpa tambahan ruang kerja
d.    Kerugian :
e.    Jari-jari dapat mengotori layar
f.    Jari tangan bukan alat penuding yang presisi, terutama untuk untuk menuding bagian-bagian daerah yang kecil
f.    Multi touh screen


4.    Scanning
•    Merupakan peranti yang dapat mengambil masukan data gambar, foto, juga tulisan tangan
•    Hasilnya kemudian diubah menjadi isyarat digital dan dapat disimpan di dalam disk

5.    Sprcialized
•    Digital camera
•    Digital video
•    Video conferencing
•    Web cam
B.    Piranti keluaran
jenis piranti keluaran antra lain:
1.    Visual Display System
•    Monitor
•    Cathode-Ray Tube (CRT)
•    Liquid Crystal Display (LCD)
•    Monitor Specifications
2.    Printer
•    Impact Printer
•    Non-impact Printer
•    Multifunction Printer
•    Plotter
3.    Audio outpu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar