Rabu, 23 Februari 2011

TUGAS 13

Video multimedia
Scara bahasa Multimedia darikata multi yang artinya banyak atau bermacam-macam dan media yang erarti sesuatu yang dipakai untuk menyimpan atau memawa sesuatu atau alat untuk mendistribusikan dan mempresntasiakan informasi. Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang bereda untuk menggaungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk  video, animasi, grafik, audio, dan text.
Definisi multimedia
- Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output, media ini dapat berupa audio (suara dan muik), animasi, video, teks, dan grafik/gambar.
- Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio, dan video.
- Multimedia dalam konteks komputer adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggaungkan teks, grafik, audio, video, dengan mengguankn tool yang memungkinkan pemakai berinterasi, berkreasi, dan berkomunikasi.
Sejarah miltimedia
Istilah multimedia erawal dari istilah multimedia dari teater, teater yang pertunjukannya memanfaatkan leih dari satu medium dan  seringkali dieut pertunjukkan multimdia. PertunjukkAN MULTI MEDIA mencakup monitor video, synthesized band, dan karya seni manusia.
sitem multimedia
sistem dapat disebut sitem multimedia :
1. Kombinasi Media
Sitem dapat disebut sistem multimedia jika kedua jeni media dipakai, contoh media diskrit adalah teks dan gambar, dan media kontinyu adalah audio dan video.
2. Indepedence
Sitem dapat disebut sistem multimedia jika tingkat ketergantunganketerkaitan anatar media terseut rendah
Pembagian sistem multimedia
1. Sistem multimedia stand alone
Meruapakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CDROM/DVDROM/CD-RW/DVD-RW), Alat Input (Keyboard, Mouse, Scanner, Mic), dan output (peaker, monitor, LCD Proyektor), VGA dan soundcard.
2. Sitem multimedia berais jaringan
Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempuanyai bandwidth yang besar, perbedaannya adalah adanya hering sistem dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama, contoh; video converence, permasalhanya bila bandwidt kecil akan terjadi kemacetan jaringan

MULTIMEDIA PC
Multimedia PC merupakan standar sistem komputer yang menyediakan fasilitas multimedia
Multimedia PC terdiri atas sebuah komputer dengan;
-CD-ROM drive / DVD drive
-Sound card (recording dan playack)
- multimedia (music/movie)
-RAM dan HARDDISK yang mencukupi grafpics adapter
-speaker
PERAM MULTIMEDIA
Multi media dapat digunakan dalam bidang :
1. Pendidikan; karena dalam penyampain bahan pengajaran terjadi secara interaktif dan dapat dipermudah karena didukung oleh berbagai aspek; suara, video, animasi, teks, dan grafik.
2. Jaringan  dan internet; karena membantu dalam pembuatan wesite yang menarik, informatif, interaktif
Kemampuan multimedia
- Menguah tempat kerja
- Mengubah cara belanja
- Mengubah cara belanja
- Mengubah cara belajar
MEDIA PEMBELAJARAN
Adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan materi pembelajaran
KOTRIBUSI MEDIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN
1. Penyampaiana pesan pembelajaran dapat leih terstandar
2. Pembelajaran dapat lebih menarik
3. Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
4. Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
5. Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
6. Proses pemelajaran dapat erlangsung kapanpun dan dimanapun diperlakukan.
7. Sikap positif siswa terhadap materi pemelajaran dapat ditingkatakan.
8. Peran guru eruah kearah positif.
PERA MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
1. Membuat konkrit
2. Mengetengahkan agian tertentu yang dianggap penting
3. Memeberikan penggganti pengalaman langsung.
4. Mendekatkan ojek yang sukar atau berbahaya  untk didekati.
5. Memberikan pengalaman segi pengamatan.
6. Menyajikan peredaan warna secara visual
7. Menyajikan informasi yang memerlukan gerak.
PERKEMBANGAN DAN JENIS MEDIA
1. Media cetak
2. Media radio/audio
3. Media televisi/video
4. Media komputer/jarinagan
Bentuk penggunaan komputer untuk pembelajaran
Media dalam pembelajaran memiliki fungsi sebagai alat bantu untuk memperjelas pesan yang disampaikan guru untuk pembelajaran individual dimana kedudukan media epenuhnya melayani kebutuhan belajar siswa (pola bermedia)
1. Multimedia presentasi
a. Multimedia presentasi digunakan untk menjelakan materi-materi sifatnya teoritis.
b. Digunakan dalam pembelajran klasikal dengan group belajar yang cukup banyak diatas 50 orang.
c. Media ini cukup efektif sebab menggunakan multimedia prohrctor yang memiliki jangkauan pancar cukup besar.
d. Kelebihan media ini adalah menggabungkan semua unsur media seperti teks, video, animai, image, grafik dan sound menjadi satu keatuan peyajian, sehingga mengakomodasi sesuai dengan modalitas belajar siswaya.
2. Multimedia interaktif
Model pemelajaran Multimedia interaktif (MMI) diartikan sebagai suatu model pembelajaran yang dapat diguanakan untuk menyalurkan pesan, merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar. Unsur-unsur multimedia interaktif yakni teks, gambar, grafik, animasi audio, dan video.
MANFAAT MULTIMEDIA INTERAKTIF
- Meningkatkan motivasi belajar siswa
- Meningkatkan hasil belajar
- Mereduksi miskonsepsi siswa
- Mengembangkan kompetensi guru.
- Siswa merasa tertolong dengan pengguanaan MMI, dalam hal memvualisasikan konsep-konsep yang bersifat abstrak menjadi lebih konkrit.
- Meningkakan penguasaaan konsep, keterampilan berpikir, kreatif dan keterampilan proses sains siswa SMP.
- Model pemelajaran MMI dapat meningkatkan nilai siswa, sikap mereka terhaadap belajar, dan evaluasi dari pengalaman belajar mereka.

MODEL MULTIMEDIA INTEAKIF
1. MODEL DRILL
Salah satu strategi pemelajaran yang ertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih kongkkrit melalui penciptaan tiruan-tiruan entuk pengalaman ang mendekati suasana sebenarnya, biasanya dalam bentuk soal-soal.
2. MODEL TUTORIAL
Merupakan model pemelajaran yang erisi tujuan, materi pelajara, dan evaluasi pemelajaran dengan pola dasarnya yang mengikuti pengajaran erproram bertipe branching dimana informasi/mata pelajaran disajikan dalam unit-ni kecil. Lal disusul dengan respon dan jawaba komputer.
3. MODEL SIMULASI
Merupakan salah atu trategi yang ertujuan memerika pengalaman elajar yang eih konkrit melalui pencapaian simlasi-simulasi dalam entuk pengalamanyang mendekati suaana yang sebenarnya
4. MODEL GAMES
Dikembangkan berdasarkan atas pemelajaran yang menyenangkan dimana peserta didik dihadapkan pada beberapa petunjuk dan aturan permainan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar